Cari Blog Ini

Memuat...

Senin, 15 Juli 2013

dedikasi u/ rati!!!!!!


          Sebenarnya waktu nulis biografi-nya utta di hari ultahnya, saya jelas-jelas sudah berjanji kalau akan menuliskan biografi nak-nak pelangi yang lain bertepatan di hari ulang tahunnya. Waktu terus berlalu, duan-daun berguguran, musim berganti, tiba-lah ulang tahunnya nak pelangi yang selanjutnya di bulan april! Jreng...jreng!!! bulan april itu, mahasiswa gizi tingkat akhir, lagi rempong-rempongnya urus sana-sini kelengkapan untuk ujian yang seabrek mulai dari pra hasil, kompre termasuk di dalamnya kompre bu ini, kompre pak itu, kompre oleh ibu yang disini, kompre ibu yang disitu, maka kelupaanlah, eh maksudnya tidak sempat, 24 jam serasa tidak cukup untuk bernafas, apalagi menulis biografi, merevisi perbaikan skripsi ajah tidak sempat, sumpah, masa-masa itu adalah masa traumatik, dimana saya jenuh membuka laptop, melihat isinya, dan terpampang folder skripshit. Kok jadi nge-bahas derita masa lampau yah!!!.
Alhasil, biografi tentang teman-ku yang satu ini tidak jadi-jadi! Hehehhee. Setelah beberapa minggu berlalu, ternyata bulan berganti, untung belum sampai tahun berganti, masih dengan kesibukan yang sama, menyusul lagi nak pelangi yang satunya ulang tahun di awal juni. Tapi, wajah sahabatku yang ultah-nya di bulan April terus terngiang di kepala-ku, serasa menangih janji, dan terus memburu, dimanapun wajahnya selalu tampak membayangi. Yaiyalah, orang kita satu kampus, satu angkatan, satu kelas dan sahabat dekat, kemana-mana pasti selalu bersama.

Biografi ini kutulis dalam keadaan sehat walafiat dan sesadar mungkin tanpa paksaan dari siapapun. Hehehe tepat pukul 21.27 wita di kamar-ku yang dingin (pengaruh AC baru, masih semangat-semangatnya) dihangati oleh selimut garuda yang dibawa turun dari pesawat oleh mbak-mbak-ku --______-- tertanggal 04 Juni 2013 saya mengetik kata-kata mutiara tentang sahabatku yang satu ini. siapakah dia??!!!


Kalau melihat gambar di atas, kira-kira beliau adalah atlit petinju dari negara mana? Atau atlit lomba lari peserta olimpiade tahun berapa? Ehm,,,coba cari di daftar peserta cewek yah, bukan cowok. Yang jelas dia bukan saudara kembar yang tertukar sepupu se-ia se-kata dengan atlit bulu tangkis liliana natsir. Hehehhe dia adalah SRI RATI. Dengan tampang sangar potongan rambut cepak seperti di atas pasti tidak ada yang menyangka namanya SRI RATI. Tapi itulah kenyataannya, terimalah, akuilah, bahwa ada nama yang sangat lembut dan lugu kedengarannya tapi tidak tergambarkan dari tampang.
Sri rati, biasa di panggil RATI a.k.a Johan (ehm...nama kedua adalah nama panggilan tanpa sepengetahuan kedua orang tuanya, nama itu dianugerahkan oleh seorang senior, saya kira Rati tidak suka, egh dijadikan jg nama fb, bahkan di hape-ku yang dulu, nama kontaknya dia ganti sendiri dari Rati ke Johan, perempuan yang aneh -__-). Sri Rati lahir pada tanggal 18 April 1991, Happy 22’th b’day! Saya lupa, dulu do’a ku yang di sms buat Rati apa yah??? Secara waktu itu saya masih dalam keadaan rehab setelah operasi, jadi otak-nya rada-rada amnesia (kelejar yang dioperasi, hubungannya dengan otak??). yang penting Wish U All d’best deh buat dirimu Rati (ucapan andalang!!! hehehe). Rati anak ke 3 dari 5 bersaudara, dua kakaknya adalah perempuan, dua adiknya adalah laki-laki, rati adalah anak tengah dan merupakan anak peralihan (maksudnya??? Hehehe). Ehm sebelumnya saya mau minta maaf yah kalau di biografi ini atau sebelumnya atau yang akan datang ada kata-kata yang menyinggung hati si empunya kisah, ini hanya becandaan, jangan disimpan di hati, ehm,,,saya tidak bisa membayangkan bagaimana mereka akan membuat biografi saya, isinya pasti sumpah serapah semua :’( JANGAN PLIZZTTTT KITA KHAN SAHABAT!!!!

Nah selama bersahabat dengan rati kurang lebih 4 tahun ini, ini dia beberapa fakta menarik tentang Rati, banyak-banyak kayaknya bukan hanya 7:
1. saya ketemu rati waktu pertama memasuki universitas sebagai mahasiswa baru, saya maba.nya, rati penjual pul-pen ta’seribunya, ya tidaklah, kami sama-sama maba. Yah tepatnya yang saya ingat adalah waktu Basic Study Skill tingkat fakultas. Saat itu kami dibagi tugas untuk merangkum jurnal kesehatan masyarakat, dalam satu kelompok beranggotakan 12 orang. Kebetulan kami 1 kelompok, dan saya terpilih sebagai ketua kelompok, ehm mungkin karena paling vokal yah, atau karena paling gila-gila urusan, paling mau sibuk, dsb.x, kami maba, belum saling kenal, juga dari sekolah dan kota yang beda-beda, tentu saja bekerja sama ndag bisa secepat itu. Jadilah, tugas dikerja sendiri-sendiri, menyatukannya kirim email saja, nanti disatukan, praktiskan! Tapi karena kebanyakan, saya hanya tahu mereka dari no.telp, tanpa mengenali wajah, tapi satu-satunya yang paling saya tandai yah adalah Sri Rati, karena rambut cepaknya yang unik dan dia terlalu banyak ketawa! Apa saja dilucukan!!!

2. lupakan tentang kelompok yang amburadul itu, ternyata saya dan rati di kelas yang sama untuk basic study skill tapi saya belum tahu kalau dia juga anak gizi. Setahu saya, kalau kami sekelas yang sama berarti kami masuk di jalur yang sama, berarti dia cukup lumayan untuk urusan otak artinya dia sedikit cerdas, mendekati kecerdasanku! Hihiihi. Di saat itulah juga saya ketemu nak pelangi yang lain yaitu Erma dan Dewi, mereka juga di kelas yang sama. Saya duduk paling depan dalam barisan, karena saya punya rabun jauh jadi yah itu cukuplah untuk melihat ke papan tulis dan menjaga konsentrasi saya. Herannya, tidak ada satupun yang mau duduk di depan, dengan saya atau di samping saya, karena sudah terlanjur malu, yah saya tetap duduk di depan sendiri, kalau tidak salah ingat, saat itu, dibelakangku erma dan sahabatnya dari pomala, Dewi juga dengan sahabatnya dari tinggi moncong dan baris di belakangnya adalah rati. Ternyata ketiga orang ini punya pikiran yang sama tentang saya yaitu adalah saya mahasiswa yang burengsek a.k.a buru rengking sekali karena duduk paling depan, sendiri pula. Saya yakin, suara ketawa-ketawa yang sering saya dengar waktu itu, pasti 3 cecunguk ini yang ngejek saya! tanpa kalian sadari, saya yang menyatukan kalian bertiga. Dan ehm saat itu, dewi bergosip tentang seorang cewek dengan seorang cowok dimana yang cewek saya kenal, yang cowok adalah senior dewi, erma dan rati yah tahunya cewek itu agak sedikit cari muka, jadilah kami disatukan oleh gosip. Dan terakhir, kami baru tahu kami sama-sama anak gizi dan sama-sama memiliki Penasehat Akademik yaitu Prof.Acha, maka kami disatukan oleh nasib yang sama, jablai ditinggal PA yang super sibuk dan super penting sejagad raya dunia perkuliahan se-Indonesia.

2. Nim.nya Rati dan Dewi berdekatan yaitu Nim.nya Rati K211 09 006 sedangkan Nim.nya Dewi K211 09 007, atau sebaliknya yah, hehehe maaf sy lupa! Biassaaa penyakit kambuh lagi. yang pasti, Rati paling jago meniru ttd or paraf kami semua, jadi ketika absen tidak bisa dijangkau oleh banyaknya kerumunan mahasiswa yang lain, maka rati sebagai laskar terakhir, menembus kerumunan dan menandatangankan untuk kami semua, yah termasuk kalau kami tidak hadir, itu bagian dari jasa rati. Hehehhee

3. rati memiliki toleransi beragama yang sangat tinggi, di antara kami bertujuh, rati satu-satunya teman yang beragama kristen, tapi dia yang paling sering mengingatkan kami untuk sholat, mengingatkan utta’ untuk jum’atan, hehehe, kemudian waktu masih maba, waktu masih berempat, rati selalu menunggu kami sholat sambil duduk2 di teras mesjid, mungkin karena dia memang sahabat yang paling setia atau karena dia memang lagi menghindari senior dengan cara nangkring di mesjid, hehehe.

4. yah karena tampang rati aslinya memang cowok BGT maka g’lucu dong kalau stylenya ala-ala berby or cinderella gitu. Penampilan rati amat sangat tomboi, yah celana jeans, sepatu kets, tas ransel segede lemari, jam tangan hitam, kaos lengan pendek, kadang berkerah, kadang juga kemeja lengan pendek, satu-satunya yang menandakan dia cewek adalah baju-nya ketat nge pas di badan jadi berbentuk lah bentuk ceweknya, hihihi. Setiap dibonceng naek motor, rati selalu memakai jamper hijaunya (jamper andalan, tapi selalu dicuci kok, harum juga tawaa, iyya toh Rati, hihihihihi). Yang paling unik dari style Rati adalah kalau kita lagi ada lab atau kuliak yang mewajibkan memakai rok, maka Rati akan memakai rok, tapi hanya pada saat di kelas, jadi jeans-nya di dobel dengan rok, rok akan dibuka setiap kelas berakhir, simpel dan kurang ajar!! Dasar!!!!

5. Rati sangat suka fotografi, ehm memang ada bakat kayaknya, setiap yang di jepret selalu bagus, hal-hal yang biasa pasti di edit jd luar biassaaa, liad saja di fb or blog nya beberapa foto ngasal dari pulpen warna warni or gambar emotion wajah, jadinya beda dari aslinya. Dan di setiap kepanitiaan dia selalu dapat seksi dokumentasi, pas khan dengan minat dan bakatnya. Untuk teknologi, game or aplikasi dia sangat up to date, waktu maba, hape sony nya adalah resolusi terbaik u/ foto, waktu hapenya hilang pas study tour di Bali dulu, digantikan experia yang g’kalah WAW!!! Soal laptop dan isinya dia juga paling jago, kami punya nama laptop untuk masing-masing, saya: siapao,dewi: siochan, rati : siochin (yang lain saya lupa! Hehhehe), entah karena memang paling jago bikin ringkasan atau paling malas nyusun makalah, rati pasti selalu dapat tugas bikin ppt setiap kali tugas kelompok. Waktu PIMGI juga dia yang ngurus blog. Berbakat khan! Iyalah!

5. Rati tipe cewek pecinta keluarga dan teman. Dia paling bisa bagi-bagi waktu. Khusus untuk malam tahun baru, dia tidak boleh diganggu, pokoknya itu malam wajib ngumpulnya bareng sekeluarga. Kalau ibadah juga dia tidak boleh diganggu. Saya kagum sama rati karena dia taat beribadah, dan paling kagum liad dia setiap kali akan makan pasti selalu menundukkan kepala dan berdo’a, dan setiap ngeliat dia berdo’a, saya juga berdo’a, malu sendiri sih, jadi dipastikan setiap makan bareng rati dan anak-anak pelangi, saya pasti membaca do’a sebelum makan. Hihihihihi kami bersahabat dan beribadah dengan cara kami masing-masing.

6. rati kalau marah atau lagi ndag mood pasti sangat menakutkan, menakutkannya bukan karena dia nyakar-nyakar trus teriak-teriak sambil gigit-gigit pohon, tapi dia hanya diam, diam dan menatap, yah tatapan nya yang itu yang berkata, “saya lagi tidak mood’,”saya ingin sendiri”, “jangan bangunkan macan tidur” hehehe.

7. meskipun tomboi begitu, ehm rati tidak tahu bagaimana cara.nya mengendarai motor, jd yah cemennya rati karena dibonceng kemana-mana. Ehm meskipun tomboi begitu, kami yakin 100000% rati punya gebetan, ada beberapa tanda2 yaitu dia selalu sms-an sembunyi-sembunyi, pkoknya sedikitpun g’kelihatan sms apa yang sedang dia baca or sms yang sedang dia kirim, sepanjang hari, sepanjang jalan dan sepanjang kuliah, dy pasti intensif sms-an, stiap kali kita pengen liad isi hape nya itu dia tidak akan mengizinkan (itu tuh hape satunya yang khusus untuk sms doski). Tapi rati tipe orang penutup, apalagi soal cinta-cinta or curhat-curhatan, dia pendengar yang baik kalau kami lagi galau-galaunya, dan dia pemberi nasehat cinta yang bijak bagi kami yang membutuhkan, tapi dia tidak pernah menceritakan masalah cintanya, jadi kami tidak pernah memberi nasehat, maafkan kami yah rati kami tidak bisa membantumu untuk urusan cinta, karena kamu memang tipe orang yang tidak menggembar-gemborkan kisah cintamu seperti kami-kami ini, hehehe.

7. saya heran, setiap kali rati sms-an tiada henti, dia pasti tetap memperhatikan arah pembicaraan kami, apa dia punya lebih dari sepasang telinga?. Dan setiap kali dia sms-an sambil jalan, psti dia tetap bisa jalan lurus ke depan tanpa menabrak orang, juga bisa belok dengan mulus, juga bisa balik ke belakang kalau ada yang nyinggung tentang dia, saya yakin rati punya mata lebih dari sepasang yaitu di dahi, di kiri kanan kepala dan belakang kepala.

8. kalau makan, rati seperti orang kesetanan, tapi satu hal adalah melihat rati makan, serasa ikut bersemangat karena dia selalu makan dengan lahap dan pasti makanannya di piring disapu bersih kecuali kalau tidak enak, dan dia sangat mencintai sambal, semua yang pedis-pedis, bahkan sambal coto di jasper bisa habis setengahnya setiap kali makan (ini ibu pelakunya, ini kasi’ rugi-ki’ di sambal hehehehe)
9. rati sangat suka ngisi teka-teki silang, kami juga suka, tapi tidak se ekstrim rati, sampai jawabannya kalau tidak dia temukan, dia akan nyari sampe’ ke om google, padahal teka teki silang Cuma buat isi waktu luang ajah woi ndag serius begitu kayak mau ikutan kuis. Rati juga suka film horor sama seperti utta’, juga suka film animasi yang lucu-lucu yah hampir sama lah selera utta’. Selera lagu rati walaupun lebih banyak western tapi dia cukup up to date, dia tidak menyukai band tertentu, dia juga suka boyband, ada pula lagu korea yang dia suka. Setiap kali pergi karokean, dia selalu pilih lagu yang oke, lagu yang sering BGT dinyanyikan yaitu Aitakatta nya JKT 48, karena cepat dan nge-bit. Dia falling in love ever after sama sung ha jun, itu tuh gitaris tampan na cute indah menawan dari korea, dia punya semua musiknya dari video sampai mp3 juga gambar-gambarnya, tuh khan rati asli cewek! Hehehhe

10. kalau soal kuliah, rati paling jarang telat, juga paling jarang bolos, hehehe bahkan dia yang paling sering marah sm kami kalau ada di antara kami yang sudah off side tidak ikut kuliah beberapa kali pertemuan. Soal catatan kuliah, rati juga cukup lengkap, walaupun tulisannya tidak se rapi utta’ (siapa yang bisa mnyaingi tulisan rapinya utta’! no one!!!), kalau untuk materi kuliah, ppt dosen, rati jagonya, dia punya semuanya dari semester awal, tidak kayak kita2 nieh, rati selalu siap sedia fd setelah kuliah selesai hehehe. Kalau materi laporan senior lab or magangnya rati juga paling jago, hehehe pkoknya dia adalah sumber informasi di antara kami, kalau materi kuliah itu di rati saja tidak ada, maka di kami, yah nihil.
11. saya terkadang berpikir bagaimana rati bisa menghapal semua moment, bagaimana bisa menghapal semua nama orang, bagaimana bisa? Rati paling mengerti kalau saya tipe orang yang pelupa, dia bilang apatis, yah mungkin seperti itu, banyak moment yang sering sy lupakan, banyak orang yang kukenal tapi tidak tahu namanya. Rati paling tahu sedetail mungkin hal kecil, paling ingat sedetail mungkin moment tertentu, saya iri. Siapapun dekat sama rati, pasti cepat akrab, dan juga cepat berbaur, karena dia memang gehol, memang keren, memang lucu, memang imut ngegemesin hehehe (saya puji-puji-makow toh!!!) dia selalu bisa bikin lelucon dan celetuk unik, apalagi kalau ketemu utta’!! ehm rati juga sahabat yang paling pengertian! Jadi bisa kupastikan Anda tidak akan menyesal menjadikan rati sahabat sejati (apakah ini???)

Yah itu tadi sih beberapa hal yang menrik, fakta unik dari anak bu ludia ini, tampang rati sm mace nya mirip BGT, potongan rambutnya juga, selera humornya, passionnya di dunia gizi juga, juga sama-sama cerdas, egh banyak cerdasnya mace nya rati. Masih banyak lagi hal yang luar biasa dari seorang rati, tapi tidak cukup hanya membahasnya disini, karena stiap ciptaan Tuhan punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, seperti kita, seperti persahabatan kita. Moga panjang umur, moga persabatan ini juga panjang umur. Amin

Minggu, 24 Februari 2013

Dedikasi untuk Sidratul Muntaha Jaihar a.k.a utta'


Ehm...berdasarkan jam yang di laptop, ini menunjukkan pukul 00.02 WITA (di jam dinding rumah sudah pukul 01.00 WITA beginilah kalau penghuni rumah hobi bangun telat, diakali pake’ jam dinding) tangal 13 Februari 2013! Agh...bukan!! ini bukan hari pertama saya dapat pacar! Atau apalagi hari nge-date sebelum valentine! Ato hari menemukan pasangan bayaran untuk valentine! Pokoknya ini bukan tentang ‘valentine’ ‘pacar’ atau sejenisnya! Pliiiiissstttt jangan ingatkan saya!

Hari ini adalah hari ulang tahun sahabat saya tercinta, terkasih, tersayang, terlove, tersarange, terwoaini, terr.....terrr....dan tercakep (karena satu-satunya laki-laki dalam bertujuh orang)......tararararrarararararara saudara Sidratul Muntaha Jaihar (jangan heran,,,kedengaran namanya sih memang mirip nama cewek,,,mungkin saya sahabatan dengan dia karena tertipu nama juga! Hehehehhehe) yang kebetulan hari ulang tahunnya sehari sebelum valentine (siapa lagi ini singgung valen....tiiiiittt, terakhir-mi ini nah) kami bahkan awalnya berniat mengganti namanya jadi Valentino Muntaha Jaihar (apa itu lebih macho? Kok kayak nama boyband yah, kok malah kedengaran seperti orang yang menduakan agama yah,,,,hehehe tidak boleh SARA!) apa daya kami bukan orang tuanya, jadi beberapa dari kami hanya mengubah namanya di kontak hape!! (usaha terakhir)

Utta’ begitu nama panggilannya! Dan tulisan ini didedikasikan dalam rangka ulang tahunnya! (terima kasih lah padaku! Untuk orang yang sangat kreatif sepertiku, kamu orang pertama yang kubuatkan biografi, dan special diterbitkan di blog-ku!!!! *suara tepuk tangan menggelegar).  Okai,,,yang lain jangan pada iri! Kepada sahabatku yang 5 lainnya, di setiap ulang tahun kalian, saat aku masih menghembuskan napas, dan tangan beserta jari-jarinya masih berfungsi normal, saya akan menuliskan biografi kalian (masalahnya : siapa yang akan menuliskan biografiku???? L L ).
Sebelum menulis biografi ini, tahukah kalian apa yang kulakukan.

1. aku bahkan sempat lupa besok adalah tanggal 13 feb, dan 13 feb itu tanggal ulang tahunnya utta’! hehehe maap, saya hanya ingat ini sudah hampir tgl 15 Februari, itu artinya pertengahan bulan februari, itu artinya 2 minggu dari masa seminar proposal saya, tapi saya belum perbaikan dan belum turun penelitian (wajar kalau saya lupa tantang ulang tahun sahabat sendiri dan lupa tentang valentine!!!! Bunuhma’!!!!)
2. untungnya, saya dapat sms dari neneng (say thankz to neneng yang menyelamatkan saya dari predikat ‘sahabat durhaka’) kalau ada sms penting seperti ini, biasanya isinya tentang langkah-langkah kerjain yang ulang tahun or pertanyaan tentang ide untuk ngerjain yang ultah. Karena saya punya sahabat 6 orang di luar dari saya! Maka, bayangkanlah betapa pusingnya kami, memberikan kejutan untuk 6 orang dengan konsep yang berbeda tapi tetap mengejutkan dan layak dikenang!
3. isi sms kali ini bukan tentang mengerjai utta’ seperti tahun-tahun sebelumnya, tapi isinya simpel. Begini “eh ultahnya utta, serentakki kasih ucapan nah jam12 J” (isi sms ini tanpa editan). Saya balas “ lagi 45 menit toh” (karena saya bermasalah sekali sama jam di rumah yang kecepatan, jangan sampai jatuhnya malah masih tgl 12 feb saya sudah heboh kirim sms ucapan selamat! Bisa dibakar saya sama utta dan nak-nak yang lain). Dibalas neneng “ saya baru lewat 07 jam ku, kamu berapa?” (aduh saya menghitung mundur dari jam 00.00. neneng malah hitung maju dari jam 23.00, ini saya yang bodoh matematika, ato neneng yang memang SMA.nya analisis kimia, jadi kimia-ji terus napelajari????) saya balas “oh...cepatki 8 menit dari jam-mu!” neneng balas lagi “ oh oke oke....sembarang mau ikuti jam mana, karena nda ku tahu mana benar. Kirimkan saja,,hehehhehe”. Sekian dulu tentang percakapan dua sahabat ini yang kentara onge’-onge’nya!! Maka, saya ikuti perhitungan jamku (rempongnya, kayak saja kami beda negara, dan beda waktu!!!)
4. sambil menunggu dan bodohnya lagi saya tidak pasang alarm!!! Saya nonton korea! Ups....edit proposal pake’ VLC Player!!! Hehehhee
5. saya berterima kasih karena akhirnya pilem koreaku selesai bertepatan dengan 3 menit lagi pukul 00.00 WITA.
6. kali ini saya langsung mengirimkan ucapan selamat, mau itu kecepatan atau tidak, terserah, dari pada saya mengabaikan dan dengan PD-nya mau tunggu tepat waktu malah nonton lagi kecolongan (saya berniat nonton pilem judul yang laen lagi, egh maksudnya edit bab yang berikutnya). Kalau itu kecepatan, saya bisa bilang jam di rumah yang kecepatan! Saya berharap itu pas waktunya, dengan perhitungan dan analisa bahwa malam tanggal 13 feb sinyal lagi sibuk-sibuknya karena tingginya angka kirim sms dari cwok ke odo’-odo’nya atau sebaliknya, atau dari pasangan LDR, atau dari mantan yang masih berharap di sudut jalan sana (syahdunya biografimu utta!!!!), dengan analisis itu, maka saya berharap butuh waktu itu sampai ke nomornya utta’!! AMIN.
7. sekarang, pukul 00.33 WITA dan ehm.,..utta’ ternyata tidak balas smsku!! Dua kemungkinan! Satu : tidak punya pulsa! Dua : ketiduran! Dan kemungkinan lain yang tidak masuk variabel ini adalah tiga : utta’ lagi cuci piring tengah malam, empat : utta’ lagi angkat air tengah malam (kenapa utta’ kayak anak tiri die’, kerja rodi tengah malam!) lima : utta’ lagi kerja perbaikan proposalnya, karena seminar proposalnya baru selesai sehari sebelum ultahnya (selamat yah,,,satu kali mentraktir, untuk 2 moment!! Jago mentong kali-kalinya utta’) enam : utta’ lagi telp-telponan sama gebetannya or odo’odo’nya (ini-mi dibilang cari mati itu cewek!! Langkahi kow dulu mayatnya 6 cewek yang lain!!!!)

Sidratul Muntaha lahir di Makassar, tgl 13 Februari 2013 tahun 1990. (waktu mau kulanjutkan biografi ini toh, saya berpikir, anak keberapa utta’? berapa ornag saudaranya? Ehm,,,,dimana-mana lagi sekolahnya (TK,SD,SMP, SMA)?? Agh!!! Sahabat tidak becus!! Ok!!! Utta’ satu-satunya anak laki-laki paling cakep di keluarganya! SD-nya di kera-kera (itu egh,,SD yang paling dekat kampus, tapi terlihat kumuh dan paling sering ditempati mahasiswa untuk baksos!! SD seperti itu bisa menciptakan manusia luar biasa hebat kayak utta’!! hehehhee), mama nya utta’ juga sebagai guru di SD Kera-kera. Utta’ sama dengan neneng, menghabiskan 4 tahun masa remajanya di SMAK (sekolah menengah analisis kimia! Muntah-muntahmi nataro reaksi kimia, na-kumur2mami H2SO4).  Untungnya utta’ tidak terperangkap di Pesantren immim putra, awalnya dia akan dimasukkan ke situ! Untunglah kali ini SMAnya agak jauh! Karena SD, SMP dan tempat kuliahnya sangat dekat dari kampus! Rumah juga di jalan sahabat, dimana pusat kos-an paling dekat dari kampus! (berjiwa dan berlatar belakang akademik BGT nieh utta’! kurang apa lagi coba!!)
Sidratul muntaha ciri-cirinya berkaca mata! Rambunya tidak pernah gondrong, rambut pendek sewajarnya mahasiswa semester 8, bukan pendek sewajarnya maba! Utta’ cukup tinggi, juga kurus, tapi bukan kurus kategori kwarsiorkork, hanya kurang otot (hehehehe pissss utta’!!!) sering memakai tas ransel! Juga baju lengan panjang (entah itu kemeja atau sweater atau jaket! Utta’ paling tidak pernah pakai baju lengan pendek, keajaiban jika bisa melihatnya!!! Lelaki paling jaga aurat!!!!) kalau masa-masa nya dia masih jadi asisten lab, kamu bakal sering lihat dia pakai celana kain (resmi BGT khan!! Itu hanya peraturan lab) utta’ tetap suka pakai jeans, tapi bukan skeeny jeans ala-ala korea!!
Sidratul muntaha, sangat suka lagu-lagu barat!! Apalagi lagu barat yang populer dan dinyanyikan oleh artis populer! Paling up-to-date tentang lagu-lagu barat, bahkan dia mengoleksi dan mendownload rutin video klip lagu-lagu tersebut. Tidak asal! Karena utta’ punya suara paling bagus di antara cowok-cowok dalam paduan suaranya galeter (angkatan 2009 FKM UH) dan paling jago goyang di setiap karokean!! Utta’ juga suka filem-filem holliwood, koleksinya juga banyak, saingan sama penjual dvd di MTC. Khusus filem korea, utta; paling suka sama yang bergenre kerajaan. Juga di antara semua cowo yang kukenal dan ada dalam hidupku, utta’ tulisannya paling rapi dan tertata (maka dari itu, beberapa yg lain sering minta dituliskan!! Pemanfaatan ini namamya). Utta’ tidak terlalu suka hal-hal yang mewah, seperti hape or laptop, dia tidak berlebihan atau neko-neko seperti cowok-cowok sekarang yang sok gadget!! Tapi di antara semua cowok yang kukenal, utta’ adalah cowok paling cerewet sepanjang masa dan sepanjang jalan kenangan. Kenapa? Karena kalau utta’ pendiam, berkacamata, pintar, keren dan kaya, maka kami ber-enam berebut pacari!! (bukan itu jawabannya!!!) mungkin karena dia berada di tengah-tengah cewek-cewek cerewet, kalau dia tidak cerewet maka utta’ harus rela ke dokter THT tiap 1 minggu sekali untuk obati telinganya (hukum keseimbanganjie ini! saya pencetusnya!!!). utta’ paling jago bikin orang ketawa!! Ehm,,,celetukannya, sedikit saja, ngena pas di urat saraf pemicu ketawa!!! Apalagi kata-katanya calla’annya (jadi dosa pacalla jkami berenam 99% di sponsori oleh celetukannya utta’ setiap ada orang lewat!!!)
Bagaimana kami bertemu utta’? eghm...salah satunya karena kebetulan kami satu jurusan! Hanya ada beberapa cowok dalam jurusan yang didominasi cewek ini, utta’ salah satunya, yang wajar dan cukup keren! Hehehe tapi awalnya kami tidak sedekat ini. utta’ hanya sahabat neneng dan beberapa teman cewek lain, saya punya kelompok sendiri, dengan 3 cewek lain (rati, erma dan dewi)! Untuk 1 semester lebih kami tidak cukup dekat! Kemudian, kami lebih dekat dengan neneng karena sering bertemu di beberapa kegiatan organisasi, karena di kelompok mereka neneng dan utta’ paling dekat (karena memang sahabatan dari SMA yang sama) maka ketika kami dekat dengan neneng, otomatis dekat dengan utta’! selanjutnya, berjalan secara alamiah seperti persahabatan yang lain, kami sering bertemu, janji bertemu, jalan bersama, makan bersama, saling sms-an, menceritakan masalah masing-masing, saling berbagi solusi, maka kami otomatis sahabat! 
Beberapa prestasi yang pernah dibuat utta’ hehehehehe :
1. yang paling menggemparkan adalah beberapa kali terpilih jadi asisten lab kimia terpadu. Ehm,,,begitulah ilmu utta’ di SMAK memang sangat berguna! Ehm,,,hampir sama dengan neneng, jago-ki’ sedikit utta’ kimia!! Hehehehe dia terkenal killer dalam menilai setiap huruf dan kata dalam laporannya junior! Hehehhe dan utta’ tidak mudah disogok!!!
2. utta’ pernah terpilih di team kreatif pengkaderan tahap 1 winslow FKM UH dan utta’ adalah salah satu orang yang menrancang yel-yel angkatan 2011 yang niscaya akan diingat dan dipraktekkan oleh angkatan itu sepanjang mereka ada di FKM dan setelah wisuda!! Hehehehhehe dedikasi yang luar biasssaaa!!!
3. walaupun utta’ sempat menjadi non-Keluarga-Mahasiswa a.k.a Keluarg mahasiswa luar biasa aka mahasiswa yang tidak ikut pengkaderan, hanya karena pada waktu dia akan menghadapa untuk bedah buku, SC yang ditunjuk untuk mengujinya turun demo untuk BBM, demo sehari itu, menyebabkan utta’ menanggung status non.KM selama 1 tahun!! Yang sebenarnya, bukan sepenuhnya salahnya. Dan dengan gagah berani, dia ikut di pengkaderan untuk tahun di bawahnya, tidak banyak mahasiswa lain yang mau dikader setelah punya junior, mau ditaruh dimana wajah mereka, maka dari itu ada mahasiswa yang menanggung status itu hingga wisuda.
4. utta’ adalah orang yang cukup tangguh dan gigih! Dua kali dia mencoba untuk mendaftar di fakultas kedokteran, tahun pertama dia tidak lulus murni karena kemampuannya yang kurang, tahun kedua, dia sudah sangat mempersiapkan diri, tes hari pertama dia mengikuti, tapi hari kedua di ahrus menyerah karena jatuh sakit dan tidak bisa bangun, mungkin itu pertanda dari Tuhan, dia harus berhenti berusaha, memang jodohnya adalah menjadi mahasiswa ilmu gizi .

so, itu tadi sedikit kisah tentang sahabatku, satu-satunya yang tercakep! panjang umur sehat selalu! moga kita masih bersahabat sampai beratus-ratus tahun setelah ini! Fighting!! kamu harus tahan bersahabat dengan 6 cewek aneh seperti kami!!



    





Kamis, 17 Januari 2013

Bunga-bunga yang disukai pelangi (all about my BFF)


Tertanggal 30 desember 2012, yup ini akhir tahun! Apa yang akan kulakukan? Tepat pukul 04.00 subuh dini hari (????) Ehm untuk menulis resolusi akhir tahun kayaknya kepagian 2 hari. Kenapa juga saya sibuk-sibuk buka laptop n ngetik di subuh-subuh buta. Apa yang kucari? Inspirasi? For what? Yang jelas bukan untuk menulis novel! Saya menanti ilham untuk menyelesaikan skripsi, yah minimal menyusun pendahuluan latar belakang untuk proposal! Yup,,,kyak-nya langkahku masih panjang n malam-malamku juga makin panjang.
Saya sudah berusaha menghabiskan waktu dengan banyak hal! Nonton pilem korea! Oh no! Itu akan membunuhku, karena aku akan melahap habis episodenya tanpa menyadari sudah jam 6 subuh. Maka saya menghindari rutinitas ini. Bahkan saya sudah tidak meng-copy lagi pilem-pilem baru dari teman-teman! Ok, saya ralat! Tapi saya meminta! Dan untuk satu hal, saya mengucapkan say thankz to all of my sister yang sudah menyembunyikan harddisk saya, sehingga tidak satupun pilem yang bisa saya nonton ulang! Sakit jiwa!
Malam-malam yang lain saya habiskan dengan menonton reality show korea! Ok kali ini korea lagi! Di skip saja yah, penyelesaiannya hampir sama yang di atas.
Di malam yang lain, ketika bis bb saya lagi fullservise maka malam itu dihabiskan dengan mendowload lagu-lagu yang lagi hits, atau membuka semua web tentang news-news yang lagi up-to-date. Yah minimal sampai jam3 pagi dan mata-ku akan sakit karena menatap hape di tengah kegelapan (kakak-ku yang kutemani tidur tidak bisa tidur dengan lampu menyala) bagaimana minus mata ini tidak terus bertambah kalau situasinya seperti ini.
dan malam ini, terkhusus saya habiskan dengan mulai memikirkan hal lain dan paling dekat dengan tujuan saya yaitu proposal adalah mulai menulis. Sayangnya, yang saya tulis adalah bahan untuk diisi di blog! Hanya cakaran-cakaran ringan khas matematika, tapi karena jurusan saya bukan matematika maka cakarannya berbentuk karangan alias cerita salah! Mengapa blog? Karena tulisan dan keluhan saya sangat panjang untuk saya masukkan di twitter! Tenang saja, link nya akan saya masukkan di update status twitterku, COMING SOON! Facebook? Saya rasa orang lain lebih membutuhkan facebook daripada saya. Sumpah! Sosmed yang paling jarang saya datangi beberapa tahun ini adalah facebook! Karena di sana sangat ramai, dengan orang-orang yang hampir ¾ dari 1000 lebih teman yang saya terima tidak saya kenal lagi, entah karena memang awal mula maen fb pengen nge-top jadi asal terima orang, atau entah itu masih teman yang kukenal tapi tidak kukenal lagi karena sudah berganti nama alay seribu kali tanpa potong kambing. Alasan kesekiaan adalah terlalu banyak pemain judi, saya hanya tidak ingin iman ini terganggu (alaasssaaannggggg). Alasan selanjutnya, karena di usia saya yang 20-an ke atas saya masih “playgroup” bergabung dengan banyak jenis group yang bahkan saya tidak merasa kenal adminnya, apalagi membernya. Dan alasan yang terakhir adalah adanya status seperti “in relationship” or “engaged” yang bikin sakit mata, mereka sudah berganti status diantara jejeran itu, dan kalau ada status “LDR” or “selingkuh” juga akan menjadi pilihan, nah status saya dari jaman FB ada sampe ke whats-up, instagram dan picmix tetap ajah “single”, “mblo” n “alonely” etc!
So,,,maka dari itu, mari kita nge-nyampah di blog! Pertanyaannya? Apa yang akan kita bahas!
Nah saya kepikiran membahas tentang arti bunga yang disukai oleh teman-teman saya! Saya pernah membahas ini di perjalanan pertama kami keluar kota ke Bone disebut 7 cm + 1 cm pacar.x temanku yang ikut bersama kami, atau kami ikut bersamanya, karena di bone kami tinggal di rumahnya. (sebut saja kami pelangi karena kami bertujuh...ala-ala investigasi)
Dimulai dari sahabatku yang paling tomboi, R**I, katanya doski memilih bunga anggrek. Kenapa saya mulai dari R**I. Karena asal tahu saja, semua cewek, baik yang berbentuk cewek atau tidak, tapi tetep asli cewek, baik yang berperangai cewek atau tidak tapi tetep jiwa cewek, pasti menyukai bunga (mungkin ada kasus bagi cewek yang alergi bau bunga, kayak sinetron), termasuk R**I, dia asli cewek, jiwa cewek, ehm....nilai sendiri. Dia memilih bunga anggrek. Apa artinya ?

Menurut situs yang tidak ingin disebutkan namanya, bahwa anggrek adalah melambangkan kecantikan dan kesempurnaan. Jika cowok ngasih bunga anggrek, ada dua maksudnya yaitu 1. Dia bermaksud mengatakan kalau kamu adalah orang yang sangat cantik dan sempurna dalam hidupnya, 2. Dia bermaksud bahwa dirinya akan mencoba menjadi orang yang kamu cintai (jangan terlalu percaya ini, hati dan maksud orang siapa yang bisa menebak, baiknya langsung tanya ke cowoknya ‘’maksudnya nieh dikasih bunga apaan?’’) hehehhee
Blog lain mengatakan tidak ada arti khusus (terus apa guna nya kita masih tulis ini?)  tapi bunga anggrek mlambangkan kesungguhan hati untuk memberi kasih sayang yang tulus dan abadi. Saat ini bunga anggrek adalah bunga dari keindahan yang membawa pesan universal, cinta, keindahan, kebijaksanaan, mewah, perhatian dan kekuatan (ambil semua-mi, bunga anggrek-ji memang yang ada di dunia). Di China, bunga anggrek sebagai lambang untuk memiliki banyak anak (ini yang penting dari semua point itu!!!!! Catet R**I!!!!)
Saya juga dapat info tentang arti dari setiap warna bunga anggrek!
Ehm,,,tapi saya lupa waktu itu bertanya sama R**I, bunga warna apa yang disukainya (kalau kau membaca ini R**I, jawab saja dalam hati, cukup Tuhan yang tahu, sebagai sahabat, ada baiknya menyimpan sedikit rahasia)
Pink : kasih sayang murni (sepertinya R**I anti dengan benda-benda warna pink)
Kuning : keanggunan (warna ini juga trlalu mencolok untuknya)
Putih :: keindahan, kelembutan, kemurnian, kepolosan, kebaikan (ehm...semua yang putih selalu yang baik-baik yah, kecuali gadis berambut panjang dengan baju putih dan melayang! Untung ini sudah subuh, bukan tengah malam!)
Merah : semangat, daya energi, dan kekuatan cinta (ini sangat cocok u/nya, DIA BGT nieh)
Lavender : memprovokasi percintaan dan keanggunan (R**I memang sering memprovokas percintaan orang, tapi soal keanggunan ?????)
Ungu : membangkitkan misteri (ehm,,,,mungkin ini satu yang disuka R**I, misteri batu bertuah, atau misteri lembah hitam, hehehehe)
Biru :: bermakna dalam, kekuatan dan stabilitas
Yang manakah yang paling kau sukai R**I? Atau pembaca yang lain juga bisa menerka-nerka ini benar atau tidak.
Nah yang kedua, E**A! Bunga apa yang disukai E**A? Ada yang tahu? Ketik REG spasi nama bunga kirim ke penjual bunga, dapatkan bingkisan bunga plus tanda tangan penjual bunga. Sekian.
E**A menyukai bunga daisy, atau bunga matahari. Ehm...mungkin terinspirasi oleh pilem korea berjudul “daisy” tentang kisah cinta antara seorang pembunuh bayaran dengan gadis pelukis yang berakhir tragis. Menurut ceritanya sih, arti bunga daisy adalah cinta yang dipendam atau mencintai dalam diam (CI-DA-HA kalau UNGU yang bilang). Atau alasan lain E**A menyukasi daisy or bunga matahari mungkin karena ingin buka usaha produksi kwaci yang bergizi bagi anak SD bangsa Indonesia. Itu sudah! Dapat judul proposal untuk malam ini! Terima kasih Tuhan! Thankz To E**A, dan semua yang mendukung (segala kengawuran ini disponsori oleh kengantukan yang teramat sangat)
Menurut sumber yang tidak tahu jelasnya dari mana, bunga matahari yang tegap mengisyaratkan sebuah ketegaran, ketegaran yang luar biasa. Bunga matahari yang bisa hidup sendiri tanpa banyak yang melihat. Makna yang lain adalah mengisyaratkan sebuah makna kesetiaan sebuah pengharapan cinta yang bertepuk sebelah tangan, tegar menunggu dalam kesendirian, mencoba ceria dalam kesendirian, mencoba tegar dalam rasa cinta yang menyakitkan, berjiwa besar dengan pengharapan yang menggantung, dan ternyata bunga matahari itu rapuh (sambil ngetik, saya baru sadar, kok nyesseeekkk BGT yah artinya, semua sedih-sedih, nggak ada makna yang agak-agak menggambarkan kebahagian, emang begini E**A yang kau sukai ?)

Ehm,,,saya akan berusaha browsing mencari arti yang lebih layak untuk dibaca dan menmbanggakan hati! Tunggu yah! Arti bunga ini adalah kehangatan dan kekaguman juga dianggap sebagai tanda umur panjang (nah! Puas dengan yang ini E**A?) bunga ini bunga nasional RRC dan bunga resmi negara kansas, USA (wah,,,apa ini artinya E**A ingin pindah dan menetap di negara sana? Apa ini pesan tersirat sebelum dia meninggalkan kami? Terlalu hiperbolis sampai kesana!)
Bunga ini sering mengikuti arah matahari makanya disebut heliotropisme dan bersifat mistis (saya tidak tahu nyambungnya dimana antara matahari, heliotropisme dan mistis, tapi kalau melati, susanna dan mistis, saya sangat mengerti hubungannya)
Ehm..sebenarnya sangat kurang referensi tentang bunga matahari, ehm,,saya jujur, saya yang malas mencari, ini sudah jam5 subuh dan semua alarm di rumah ini berbunyi tapi tidak satupun dari pemiliknya yang bangun (kenapa menyalakan alarm kalau tidak berniat untuk bangun, beda halnya dengan saya, saya menyalakan alarm jam 5 subuh bukan u/ bangun tp u/ tidur) nanti (entah kapan mood ngetik muncul lagi, saya akan lanjutkan curhat ini! Sekian!
Saya lanjut yah! Sekarang pukul 02.20 WITA tepat hari tgl 31 Desember 2012, yup malam berikutnya, 1 hari lagi menjelang tahun baru! Saya baru saja menyelesaikan berlembar-lembar tulisan tangan u/ tugas konseling! Yuppy, tugasku belum dikumpul sebagaimana anak-anak yang lain karena kesalahan teknis dan semacamnya (ketua kelas macam apa saya!!!!!!)
Sampai mana kita? Sudah berapa sahabatku yang dibahas? What? Baru dua! Wah ketinggalan banyak kita!
Lanjut ke sahabat saya yang paling kecil, imut-imut, luar biassa, amazing, gadis solehah yang lugu nan cantik natural aaaaaaadddddaaaaalllllaaaaahhhhhh D**I (dibayar berapa saya sampai ‘menjilat’ begini amat)
D**I mengaku suka bunga sakura! Heheehheh bocoran nieh, D**I bukan suka gara-gara seseorang ehem.ehem lagi nangkring di jepang khan? Sampai-sampai doski pengen nyusul ke jepang! (gosip persahabatan diskip saja yah! Bukan untuk konsumsi umum! hehhehe)
Apa arti dari bunga sakura yang disukai gadis ini? Jreng..jreng!!!

Bunga Sakura adalah bunga nasional negeri Jepang. Bunga sakura di Jepang terdiri dari ratusan jenis, jenis yang umum yaitu Prunus × yedoensis (Yoshino Cherry, yang berwarna merah muda dan putih), Sakura Hutan (yang berwarna merah muda dan putih), yamazakura (yang berwarna putih), yaezakura (yang berwarna putih atau ungu kemerahan), shidarezakura (yang rantingnya jatuhseperti pohon willow, bunga berwarna merah) dan lain – lain. Sumpah tidak ada satupun dari jenis itu yang pernah kulihat (mupeng!!!!!)
Mekarnya bunga Sakura memang memiliki makna tersendiri yang mungkin tidak akan pernah bisa terungkapkan dengan untaian kata-kata (terus sekarang kita ngungkapinnya pake’ apaan? Isyarat tangan?). Sebuah makna kesejukan,keheningan, kebahagiaan dan ketenangan. Sakura juga bermakna perpisahan saat bunga sakura mulai jatuh berguguran di tiup angin (kita jangan sampai berpisah yah sahabat2ku, Cuma gara2 bunga).
Kecantikan bunga sakura juga memiliki arti spiritual dan filosofis tentang kehidupan manusia (memang yang paling brjiwa kemanusiaan diantara kami, Cuma si D**I, yg laen jiwa iblis). Bagi orang Jepang, bunga itu menyimbolkan kegembiraan dan kesedihan serta mengingatkan manusia untuk selalu bersyukur dalam menghargai kehidupan dan kesedihan (orang Jepang, bisa galau juga tuh!!).
Sakura juga mengingatkan bahwa segalanya memiliki kebalikan. Ada sedih, ada gembira. Ada hidup, ada saatnya mati. Ada saatnya merekah dengan indahnya dan ada saatnya berguguran (seperti lagunya Cakra khan “kau berlari, kau terdiam, kumenangis kau tersenyum,,,bla,,bla). Dan itulah yang bunga sakura lakukan, mekar dengan memberikan keindahan bagi jiwa-jiwa yang berkelana (kembalikah D**I, nanti kau tersesat dan tak tahu arah jalan pulang!!). Pada upacara pernikahan dan perayaan tradisional lainnya, seringkali diharuskan meminum sup bunga sakura yang direbus dengan kelopak bunga sakura dalam sebuah wadah keramik, yang maknanya menyerap makna keberuntungan yang terkandung di dalam bunga sakura (ehm,,,lagi saya dapat judul pengaruh meminum sup bunga sakura pada kelanggengan pernikahan -_____-‘!)
Berikutnya n*n**g, si doski yang sudah punya pacar dunia akhirat ini (itu tuh yang rumahnya ditinggali di bone!) mengaku suka bunga teratai! kode keras nieh buat si cwok, kalow N****G ultah bisalah sekali-kali kasi’ bunga, jangan boneka kepala angrybird yang 10x lebih besar dari kepala manusia, yang dbeli di pinggir jalan tengah malam buta lagi, entar si cewek tambah sering ngomel-ngomel! (hehehhehe Pisss buat pasangan romantis se-Indonesia Timur di Tahun 2012 ini)
N****G mungkin suka bunga teratai karena terinspirasi dengan filem tong sam cong perjalanan ke timur mencari kitab suci, tidak, N****G tidak ingin jadi cu pat kai, sepertinya dia ingin menjadi dewi kwang in yang selalu muncul dengan bunga teratai yang terbang dari jauh, saat tiba, bunga teratai itu terbuka dan dewi kwang in muncul! (ehm walaupun si N****G adalah kakak tercantik versi Kadarsi 2011, tapi yah tetap agak berlebihan u/ membandingkannya dengan dewi kwang in, maap yah, saya hanya berusaha jujur! Hih ihi hhihihi)

Bunga teratai adalah bunga nasional di India (kalian juga sepasang kekasih seperti di pilem india, tingtingting *kedipin mata), karena diannggap sebagai simbol dari Kebenaran, Kesucian dan Keindahan (Satyam-Shiwam-Sundaram) (kakak tercantik ambe’ mua-mi!!!). Itulah sifat-sifat agung Hyang maha Esa. Itulah sebabnya sering kita jumpai istilah-istilah terhormat di berbagai shashtra-widhi seperti mata-teratai sang Wishnu, kaki teratai Sri Satya Sai Baba, hati-teratai dan lain sebagainya, (apa bagian dari dirimu N**g yang akan jadi teratai???)
Ehm,,,juga menurut informasi yang aman, terpercaya, ada makna dibalik setiap warna-warna teratai (saya ndag pernah liad teratai warna2i, kirain Cuma satu warna) :
Teratai putih melambangkan Bodhi (Sansekerta untuk pencerahan). Murni melambangkan tubuh, pikiran dan jiwa, bersama dengan kesempurnaan spiritual dan perdamaian sifat seseorang (ehm,,,tman-ku slalu heboh, ndag pernah ‘damai’! juga kyaknya kurang spiritual!!!).
Teratai biru melambangkan semangat kontrol atas salah satu indera material.  Jadi simbol pengetahuan, kebijaksanaan dan kecerdasan.  Teratai biru adalah teratai yang terkait dengan Manjusri, dan juga merupakan salah satu atribut dari Prajnaparamita, perwujudan dari kesempurnaan kebijaksanaan (ehm,,,saya no comment kalau teman-ku pilih warna ini, saya sahabat ato apa? Nggak tahu BGT kepribadian sahabat sendiri).
Teratai merah melambangkan keadaan asli hati. simbol cinta, kasih sayang, keaktifannya, nafsu dan emosi lain yang terkait dengan hati (wah,,,nie saya suka,,,DIA BGT nieh, melambangkan hubungannya dengan doski, walaupun ada kalanya, lagi bahagia2 setinggi langit, malah sedih, jatuh pada lautan terdalam...lebay yah saya!!)Teratai merah biasanya digambarkan dengan kelopak terbuka, yang mungkin untuk melambangkan keindahan dan keterbukaan hati yang memberi (berikanlah saya diskon u/ belanja di onlineshopmu,,,,,,sekalian promo!!).
Teratai merah muda adalah teratai tertinggi, sering dikaitkan dengan dewa tertinggi, Sang Buddha sendiri (ehm,,,maaf yah agak2 nyinggung SARA, karena memang ada kepercayaan tertentu yang memaknai bunga seperti itu, yah biassssaaaaa copas yah lari dari tanggung jwab, terhdap perang agama or kepercayaan!).
Dan selajutnya kita akan bahas bunga apa yang K**I paling suka. Sahabatku yang satu ini yang paling besar suaranya, tapi juga manis, cantik, stylish dan paling tinggi di antara kami ini ternyata suka bunga dandelion atau bahasa awamnya, bunga ilalang (????) mengapa bisa??? Begini, waktu malam itu, yang saya bertanya satu-satu, si K**I sudah tidur duluan, maka kami menebak mungkin itu yang disukainya, keesokan harinya setelah bangun, saya langsung tanya, dia hanya bilang yah dia suka dandelion, karena kami memutuskan dan memilihkannya itu, ternyata dia masih terbangun dan sadar, tapi malas saja berkomentar, waktu ditanya ada bunga lain yang disukai, dia berpikir lama dan tidak menemukan satupun.

Bunga dandelion, terlihat sangat rapuh, namun sangat kuat, sangat indah, dan memiliki arti yang dalam. Kuat menentang angin, terbang tinggi dan menjelajah angkasa, dan akhirnya hingga di suatu tempat untuk tumbuh menjadi kehidupan baru (K**I memang kuat menentang angin, badannya besar, kebalikan BGT dari bunga yang dipilih, maka.nya don’t judge book by the cover, gini nieh, dandelion kecil tapi kuat, ehm,,,K**I bisa saja besar tapi sebaliknya,,,,ngomong apa nieh saya!!!)
Terbang tinggi dan menjelajah angkasa, maksudnya tetap berusaha untuk mengejar dan menggapai cita-cita kita yang mungkin akan berbatu-batu jalannya, namun tidak berhenti untuk mengejar cita-cita tersebut. Jatuh di suatu tempat dan membawa kehidupan baru maksudnya, perbaikilah kondisi lingkungan dimana pun kita berada, bawalah kebahagiaan dimanapun kita berada (ehm,,,memang sih agak2 tidak seperti arti bunga sebelumnya, karena setiap kali cari arti dandelion, yang ada adalah cerpen, yang isinya puitis BGT, bahkan sudah berada di tingkatan teratas dari “puji-pujian”, maaf yah sahabatku, tapi memang referensinya kurang BGT, pilih bunga lain deh, masih ada berjuta2 bunga dan masih ada berjuta2 kata2 dalam kamus besar bahasa indonesia!).
Ehm kalau saya suka bunga apa yah? Ada yang ingat malam itu saya sebut bunga apa? Sial! Kelupaaan ku sudah semakin parah, masa’ bunga kesukaan sendiri lupa. Ehm,,,saya memang bukan pecinta bunga. Ummi yang suka menanam bunga, puang yang suka membabat habis bunga, sepertinya saya mewarisi sifat-sifat puang, setiap bunga yang kutanam pasti tidak akan hidup, tapi layu seketika, setelah saya melepas tangan dari tanah.
Tapi untuk romantis-romantisan, siapa sih cewek yang tidak suka dikasih bunga, walaupun cewek itu belum tentu bisa menanam bunga itu atau memeliharanya.

Saya suka bunga tulip. Keren khan. Terkenalnya di Belanda!! Tapi kenapa setiap ingat bunga tulip yang ada di kepalaku malah mensiarahi kuburan. Padahal saya tidak pernah mengunjungi makam dengan membawa bunga tulip. Juga tidak pernah melihat pemakaman yang dipenuhi bunga tulip (kamboja iyya!). saya juga tidak pernah melihat or menonton ada peperangan or penembakan dan korban berjatuhan mati di tengah taman bunga tulip (perang kok romantis amat!) mungkin hanya feeling.
Motif bunga tulip sudah sejak lama banyak dipakai dalam seni ornamen Persia dan Turki. Nama yang diberikan orang Eropa untuk tulip berasal dari bahasa Persia untuk sorban (bahasa Persia : dulband) karena bunga tulip ketika belum mekar sepenuhnya bentuknya terlihat seperti sorban. Karenanya menjadikan tulip sebagai bunga nasional Iran dan Turki (kok ndag jelas gini yah, Belanda, iran apa turki ni, cwok si A, cwok si B apa si C nieh,,,,GUE BGT nieh ckcckkckckck).
Dulu, waktu zaman kerajaan, nama-nama bunga tulip cantik-cantik Antara lain ; Those that Burn The Heart , Matchless Pearl ,Rose of Colored Glass, Increase of Joy , Big Scarlet, Star of Felicity , Diamond Envy , Light of Mina (ni nama bunga apa judul novel terjemahan yah! Rempong begitu!)
Hanya bunga-bunga yang memiliki kualitas sempurna yang dimasukkan dalam daftar jenis-jenis tulip tersebut . Yaitu bunga Tulip yang memiliki standard dari ukuran tinggi ,dan kerampingan kelopak bunganya , bentuk helaiannya sempit . Helaian kelopaknya harus halus tetapi kuat .satu warna , ukuran lebar dan panjangnya pas (sekali lagi, ini jiwaku BGT, perfeksionis!!!! Itu kelebihan sekaligus kelemahanku).
Arti bunga tulip secara umum adalah simbol dari kekasih sempurna (hanya simbol yah, khan belum kita belum punya kekasih, tapi kalow sudah punya bukan simbol lagi,,,,hihihihihiihi, I like this mean!)
Nah ini juga ada beberapa arti bunga tulip berdasarkan warna, yaitu :
Tulip merah lebih dari jenis pertanyaan simbol yang baik berarti bahwa penerima harus percaya pada pemberi atau merupakan deklarasi yang cinta ke penerima (tembak-ma’ judulnya ini egh! Mau sekali ditembak, atau mau ajah!!!). Selama era Victoria, ketika bahasa bunga mencapai puncaknya dalam popularitas, orang berhak menjawab dengan mengambil bunga dengan tangan kiri, kanan untuk respon positif dan kiri untuk negatif (jangan pakai kaki yah, apalagi mulut, susah tebak maknanya apa???).
Sebuah tulip kuning hanya berarti “ada sinar matahari dalam senyum Anda” yang dengan sendirinya berarti bahwa senyum Anda, penerima tersenyum, mencerahkan hari semua orang di sekitarnya atau dia. Tulip kuning sangat cocok untuk rekan kerja atau orang yang Anda merasa membuat perbedaan tetapi anda tidak tahu dengan baik. Arti bunga tulip kuning hanyalah sebuah pujian diskrit, tidak lebih dan tidak kurang (luar biasa!!! Bahkan bunga yang kupilih bisa berbicara n memuji orang dengan kata2 sempurna!!!).
Memberikan tulip beraneka warna untuk seseorang adalah bersifat lebih pribadi karena itu berarti “Anda memiliki mata yang indah“, mungkin bukan pesan yang ingin Anda kirim ke rekan kerja Anda atau seseorang yang Anda hanya kebetulan tahu. Bunga tulip beraneka ragam merupakan pujian yang sangat bagus dan harus diperlakukan seperti itu (lagi! Bungaku berbicara! Jadi saya cukup diam saja! Katakan segalanya dengan bunga! Hari gini?? Katakan segalanya dengan pembungkus gula2 kiss, yang ada tulisan di belakang2nyai itu!!!)
Ehm,,,itu sudah kesemua, bunga yang disukai dan artinya masing-masing! N then,,,ehm sahabatku ada satu orang cowok, dan karena malam itu kami tidak tidur sekamar (ya-iyalah!!) aku tidak sempat bertanya dia suka bunga apa? Atau kayaknya, dia tidak suka, khan dia cowok!! (deskriminasi BGT yah kita, katanya emansipasi, masa’ Cuma perempuan yang ingin sejajar, cwok juga dong!) ehm,,,lain kali akan kutanyakan, mungkin pertanyaannya bukan, kamu suka bunga apa? Tapi, kamu suka kasih bunga apa ke pacar kamu? Lovely khan!!!
tapi bagaimana pun memang bunga BANK yang terindah! setuju!!!!!