Cari Blog Ini

Senin, 15 Juli 2013

dedikasi u/ rati!!!!!!


          Sebenarnya waktu nulis biografi-nya utta di hari ultahnya, saya jelas-jelas sudah berjanji kalau akan menuliskan biografi nak-nak pelangi yang lain bertepatan di hari ulang tahunnya. Waktu terus berlalu, duan-daun berguguran, musim berganti, tiba-lah ulang tahunnya nak pelangi yang selanjutnya di bulan april! Jreng...jreng!!! bulan april itu, mahasiswa gizi tingkat akhir, lagi rempong-rempongnya urus sana-sini kelengkapan untuk ujian yang seabrek mulai dari pra hasil, kompre termasuk di dalamnya kompre bu ini, kompre pak itu, kompre oleh ibu yang disini, kompre ibu yang disitu, maka kelupaanlah, eh maksudnya tidak sempat, 24 jam serasa tidak cukup untuk bernafas, apalagi menulis biografi, merevisi perbaikan skripsi ajah tidak sempat, sumpah, masa-masa itu adalah masa traumatik, dimana saya jenuh membuka laptop, melihat isinya, dan terpampang folder skripshit. Kok jadi nge-bahas derita masa lampau yah!!!.
Alhasil, biografi tentang teman-ku yang satu ini tidak jadi-jadi! Hehehhee. Setelah beberapa minggu berlalu, ternyata bulan berganti, untung belum sampai tahun berganti, masih dengan kesibukan yang sama, menyusul lagi nak pelangi yang satunya ulang tahun di awal juni. Tapi, wajah sahabatku yang ultah-nya di bulan April terus terngiang di kepala-ku, serasa menangih janji, dan terus memburu, dimanapun wajahnya selalu tampak membayangi. Yaiyalah, orang kita satu kampus, satu angkatan, satu kelas dan sahabat dekat, kemana-mana pasti selalu bersama.

Biografi ini kutulis dalam keadaan sehat walafiat dan sesadar mungkin tanpa paksaan dari siapapun. Hehehe tepat pukul 21.27 wita di kamar-ku yang dingin (pengaruh AC baru, masih semangat-semangatnya) dihangati oleh selimut garuda yang dibawa turun dari pesawat oleh mbak-mbak-ku --______-- tertanggal 04 Juni 2013 saya mengetik kata-kata mutiara tentang sahabatku yang satu ini. siapakah dia??!!!


Kalau melihat gambar di atas, kira-kira beliau adalah atlit petinju dari negara mana? Atau atlit lomba lari peserta olimpiade tahun berapa? Ehm,,,coba cari di daftar peserta cewek yah, bukan cowok. Yang jelas dia bukan saudara kembar yang tertukar sepupu se-ia se-kata dengan atlit bulu tangkis liliana natsir. Hehehhe dia adalah SRI RATI. Dengan tampang sangar potongan rambut cepak seperti di atas pasti tidak ada yang menyangka namanya SRI RATI. Tapi itulah kenyataannya, terimalah, akuilah, bahwa ada nama yang sangat lembut dan lugu kedengarannya tapi tidak tergambarkan dari tampang.
Sri rati, biasa di panggil RATI a.k.a Johan (ehm...nama kedua adalah nama panggilan tanpa sepengetahuan kedua orang tuanya, nama itu dianugerahkan oleh seorang senior, saya kira Rati tidak suka, egh dijadikan jg nama fb, bahkan di hape-ku yang dulu, nama kontaknya dia ganti sendiri dari Rati ke Johan, perempuan yang aneh -__-). Sri Rati lahir pada tanggal 18 April 1991, Happy 22’th b’day! Saya lupa, dulu do’a ku yang di sms buat Rati apa yah??? Secara waktu itu saya masih dalam keadaan rehab setelah operasi, jadi otak-nya rada-rada amnesia (kelejar yang dioperasi, hubungannya dengan otak??). yang penting Wish U All d’best deh buat dirimu Rati (ucapan andalang!!! hehehe). Rati anak ke 3 dari 5 bersaudara, dua kakaknya adalah perempuan, dua adiknya adalah laki-laki, rati adalah anak tengah dan merupakan anak peralihan (maksudnya??? Hehehe). Ehm sebelumnya saya mau minta maaf yah kalau di biografi ini atau sebelumnya atau yang akan datang ada kata-kata yang menyinggung hati si empunya kisah, ini hanya becandaan, jangan disimpan di hati, ehm,,,saya tidak bisa membayangkan bagaimana mereka akan membuat biografi saya, isinya pasti sumpah serapah semua :’( JANGAN PLIZZTTTT KITA KHAN SAHABAT!!!!

Nah selama bersahabat dengan rati kurang lebih 4 tahun ini, ini dia beberapa fakta menarik tentang Rati, banyak-banyak kayaknya bukan hanya 7:
1. saya ketemu rati waktu pertama memasuki universitas sebagai mahasiswa baru, saya maba.nya, rati penjual pul-pen ta’seribunya, ya tidaklah, kami sama-sama maba. Yah tepatnya yang saya ingat adalah waktu Basic Study Skill tingkat fakultas. Saat itu kami dibagi tugas untuk merangkum jurnal kesehatan masyarakat, dalam satu kelompok beranggotakan 12 orang. Kebetulan kami 1 kelompok, dan saya terpilih sebagai ketua kelompok, ehm mungkin karena paling vokal yah, atau karena paling gila-gila urusan, paling mau sibuk, dsb.x, kami maba, belum saling kenal, juga dari sekolah dan kota yang beda-beda, tentu saja bekerja sama ndag bisa secepat itu. Jadilah, tugas dikerja sendiri-sendiri, menyatukannya kirim email saja, nanti disatukan, praktiskan! Tapi karena kebanyakan, saya hanya tahu mereka dari no.telp, tanpa mengenali wajah, tapi satu-satunya yang paling saya tandai yah adalah Sri Rati, karena rambut cepaknya yang unik dan dia terlalu banyak ketawa! Apa saja dilucukan!!!

2. lupakan tentang kelompok yang amburadul itu, ternyata saya dan rati di kelas yang sama untuk basic study skill tapi saya belum tahu kalau dia juga anak gizi. Setahu saya, kalau kami sekelas yang sama berarti kami masuk di jalur yang sama, berarti dia cukup lumayan untuk urusan otak artinya dia sedikit cerdas, mendekati kecerdasanku! Hihiihi. Di saat itulah juga saya ketemu nak pelangi yang lain yaitu Erma dan Dewi, mereka juga di kelas yang sama. Saya duduk paling depan dalam barisan, karena saya punya rabun jauh jadi yah itu cukuplah untuk melihat ke papan tulis dan menjaga konsentrasi saya. Herannya, tidak ada satupun yang mau duduk di depan, dengan saya atau di samping saya, karena sudah terlanjur malu, yah saya tetap duduk di depan sendiri, kalau tidak salah ingat, saat itu, dibelakangku erma dan sahabatnya dari pomala, Dewi juga dengan sahabatnya dari tinggi moncong dan baris di belakangnya adalah rati. Ternyata ketiga orang ini punya pikiran yang sama tentang saya yaitu adalah saya mahasiswa yang burengsek a.k.a buru rengking sekali karena duduk paling depan, sendiri pula. Saya yakin, suara ketawa-ketawa yang sering saya dengar waktu itu, pasti 3 cecunguk ini yang ngejek saya! tanpa kalian sadari, saya yang menyatukan kalian bertiga. Dan ehm saat itu, dewi bergosip tentang seorang cewek dengan seorang cowok dimana yang cewek saya kenal, yang cowok adalah senior dewi, erma dan rati yah tahunya cewek itu agak sedikit cari muka, jadilah kami disatukan oleh gosip. Dan terakhir, kami baru tahu kami sama-sama anak gizi dan sama-sama memiliki Penasehat Akademik yaitu Prof.Acha, maka kami disatukan oleh nasib yang sama, jablai ditinggal PA yang super sibuk dan super penting sejagad raya dunia perkuliahan se-Indonesia.

2. Nim.nya Rati dan Dewi berdekatan yaitu Nim.nya Rati K211 09 006 sedangkan Nim.nya Dewi K211 09 007, atau sebaliknya yah, hehehe maaf sy lupa! Biassaaa penyakit kambuh lagi. yang pasti, Rati paling jago meniru ttd or paraf kami semua, jadi ketika absen tidak bisa dijangkau oleh banyaknya kerumunan mahasiswa yang lain, maka rati sebagai laskar terakhir, menembus kerumunan dan menandatangankan untuk kami semua, yah termasuk kalau kami tidak hadir, itu bagian dari jasa rati. Hehehhee

3. rati memiliki toleransi beragama yang sangat tinggi, di antara kami bertujuh, rati satu-satunya teman yang beragama kristen, tapi dia yang paling sering mengingatkan kami untuk sholat, mengingatkan utta’ untuk jum’atan, hehehe, kemudian waktu masih maba, waktu masih berempat, rati selalu menunggu kami sholat sambil duduk2 di teras mesjid, mungkin karena dia memang sahabat yang paling setia atau karena dia memang lagi menghindari senior dengan cara nangkring di mesjid, hehehe.

4. yah karena tampang rati aslinya memang cowok BGT maka g’lucu dong kalau stylenya ala-ala berby or cinderella gitu. Penampilan rati amat sangat tomboi, yah celana jeans, sepatu kets, tas ransel segede lemari, jam tangan hitam, kaos lengan pendek, kadang berkerah, kadang juga kemeja lengan pendek, satu-satunya yang menandakan dia cewek adalah baju-nya ketat nge pas di badan jadi berbentuk lah bentuk ceweknya, hihihi. Setiap dibonceng naek motor, rati selalu memakai jamper hijaunya (jamper andalan, tapi selalu dicuci kok, harum juga tawaa, iyya toh Rati, hihihihihi). Yang paling unik dari style Rati adalah kalau kita lagi ada lab atau kuliak yang mewajibkan memakai rok, maka Rati akan memakai rok, tapi hanya pada saat di kelas, jadi jeans-nya di dobel dengan rok, rok akan dibuka setiap kelas berakhir, simpel dan kurang ajar!! Dasar!!!!

5. Rati sangat suka fotografi, ehm memang ada bakat kayaknya, setiap yang di jepret selalu bagus, hal-hal yang biasa pasti di edit jd luar biassaaa, liad saja di fb or blog nya beberapa foto ngasal dari pulpen warna warni or gambar emotion wajah, jadinya beda dari aslinya. Dan di setiap kepanitiaan dia selalu dapat seksi dokumentasi, pas khan dengan minat dan bakatnya. Untuk teknologi, game or aplikasi dia sangat up to date, waktu maba, hape sony nya adalah resolusi terbaik u/ foto, waktu hapenya hilang pas study tour di Bali dulu, digantikan experia yang g’kalah WAW!!! Soal laptop dan isinya dia juga paling jago, kami punya nama laptop untuk masing-masing, saya: siapao,dewi: siochan, rati : siochin (yang lain saya lupa! Hehhehe), entah karena memang paling jago bikin ringkasan atau paling malas nyusun makalah, rati pasti selalu dapat tugas bikin ppt setiap kali tugas kelompok. Waktu PIMGI juga dia yang ngurus blog. Berbakat khan! Iyalah!

5. Rati tipe cewek pecinta keluarga dan teman. Dia paling bisa bagi-bagi waktu. Khusus untuk malam tahun baru, dia tidak boleh diganggu, pokoknya itu malam wajib ngumpulnya bareng sekeluarga. Kalau ibadah juga dia tidak boleh diganggu. Saya kagum sama rati karena dia taat beribadah, dan paling kagum liad dia setiap kali akan makan pasti selalu menundukkan kepala dan berdo’a, dan setiap ngeliat dia berdo’a, saya juga berdo’a, malu sendiri sih, jadi dipastikan setiap makan bareng rati dan anak-anak pelangi, saya pasti membaca do’a sebelum makan. Hihihihihi kami bersahabat dan beribadah dengan cara kami masing-masing.

6. rati kalau marah atau lagi ndag mood pasti sangat menakutkan, menakutkannya bukan karena dia nyakar-nyakar trus teriak-teriak sambil gigit-gigit pohon, tapi dia hanya diam, diam dan menatap, yah tatapan nya yang itu yang berkata, “saya lagi tidak mood’,”saya ingin sendiri”, “jangan bangunkan macan tidur” hehehe.

7. meskipun tomboi begitu, ehm rati tidak tahu bagaimana cara.nya mengendarai motor, jd yah cemennya rati karena dibonceng kemana-mana. Ehm meskipun tomboi begitu, kami yakin 100000% rati punya gebetan, ada beberapa tanda2 yaitu dia selalu sms-an sembunyi-sembunyi, pkoknya sedikitpun g’kelihatan sms apa yang sedang dia baca or sms yang sedang dia kirim, sepanjang hari, sepanjang jalan dan sepanjang kuliah, dy pasti intensif sms-an, stiap kali kita pengen liad isi hape nya itu dia tidak akan mengizinkan (itu tuh hape satunya yang khusus untuk sms doski). Tapi rati tipe orang penutup, apalagi soal cinta-cinta or curhat-curhatan, dia pendengar yang baik kalau kami lagi galau-galaunya, dan dia pemberi nasehat cinta yang bijak bagi kami yang membutuhkan, tapi dia tidak pernah menceritakan masalah cintanya, jadi kami tidak pernah memberi nasehat, maafkan kami yah rati kami tidak bisa membantumu untuk urusan cinta, karena kamu memang tipe orang yang tidak menggembar-gemborkan kisah cintamu seperti kami-kami ini, hehehe.

7. saya heran, setiap kali rati sms-an tiada henti, dia pasti tetap memperhatikan arah pembicaraan kami, apa dia punya lebih dari sepasang telinga?. Dan setiap kali dia sms-an sambil jalan, psti dia tetap bisa jalan lurus ke depan tanpa menabrak orang, juga bisa belok dengan mulus, juga bisa balik ke belakang kalau ada yang nyinggung tentang dia, saya yakin rati punya mata lebih dari sepasang yaitu di dahi, di kiri kanan kepala dan belakang kepala.

8. kalau makan, rati seperti orang kesetanan, tapi satu hal adalah melihat rati makan, serasa ikut bersemangat karena dia selalu makan dengan lahap dan pasti makanannya di piring disapu bersih kecuali kalau tidak enak, dan dia sangat mencintai sambal, semua yang pedis-pedis, bahkan sambal coto di jasper bisa habis setengahnya setiap kali makan (ini ibu pelakunya, ini kasi’ rugi-ki’ di sambal hehehehe)
9. rati sangat suka ngisi teka-teki silang, kami juga suka, tapi tidak se ekstrim rati, sampai jawabannya kalau tidak dia temukan, dia akan nyari sampe’ ke om google, padahal teka teki silang Cuma buat isi waktu luang ajah woi ndag serius begitu kayak mau ikutan kuis. Rati juga suka film horor sama seperti utta’, juga suka film animasi yang lucu-lucu yah hampir sama lah selera utta’. Selera lagu rati walaupun lebih banyak western tapi dia cukup up to date, dia tidak menyukai band tertentu, dia juga suka boyband, ada pula lagu korea yang dia suka. Setiap kali pergi karokean, dia selalu pilih lagu yang oke, lagu yang sering BGT dinyanyikan yaitu Aitakatta nya JKT 48, karena cepat dan nge-bit. Dia falling in love ever after sama sung ha jun, itu tuh gitaris tampan na cute indah menawan dari korea, dia punya semua musiknya dari video sampai mp3 juga gambar-gambarnya, tuh khan rati asli cewek! Hehehhe

10. kalau soal kuliah, rati paling jarang telat, juga paling jarang bolos, hehehe bahkan dia yang paling sering marah sm kami kalau ada di antara kami yang sudah off side tidak ikut kuliah beberapa kali pertemuan. Soal catatan kuliah, rati juga cukup lengkap, walaupun tulisannya tidak se rapi utta’ (siapa yang bisa mnyaingi tulisan rapinya utta’! no one!!!), kalau untuk materi kuliah, ppt dosen, rati jagonya, dia punya semuanya dari semester awal, tidak kayak kita2 nieh, rati selalu siap sedia fd setelah kuliah selesai hehehe. Kalau materi laporan senior lab or magangnya rati juga paling jago, hehehe pkoknya dia adalah sumber informasi di antara kami, kalau materi kuliah itu di rati saja tidak ada, maka di kami, yah nihil.
11. saya terkadang berpikir bagaimana rati bisa menghapal semua moment, bagaimana bisa menghapal semua nama orang, bagaimana bisa? Rati paling mengerti kalau saya tipe orang yang pelupa, dia bilang apatis, yah mungkin seperti itu, banyak moment yang sering sy lupakan, banyak orang yang kukenal tapi tidak tahu namanya. Rati paling tahu sedetail mungkin hal kecil, paling ingat sedetail mungkin moment tertentu, saya iri. Siapapun dekat sama rati, pasti cepat akrab, dan juga cepat berbaur, karena dia memang gehol, memang keren, memang lucu, memang imut ngegemesin hehehe (saya puji-puji-makow toh!!!) dia selalu bisa bikin lelucon dan celetuk unik, apalagi kalau ketemu utta’!! ehm rati juga sahabat yang paling pengertian! Jadi bisa kupastikan Anda tidak akan menyesal menjadikan rati sahabat sejati (apakah ini???)

Yah itu tadi sih beberapa hal yang menrik, fakta unik dari anak bu ludia ini, tampang rati sm mace nya mirip BGT, potongan rambutnya juga, selera humornya, passionnya di dunia gizi juga, juga sama-sama cerdas, egh banyak cerdasnya mace nya rati. Masih banyak lagi hal yang luar biasa dari seorang rati, tapi tidak cukup hanya membahasnya disini, karena stiap ciptaan Tuhan punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, seperti kita, seperti persahabatan kita. Moga panjang umur, moga persabatan ini juga panjang umur. Amin

1 komentar: