Cari Blog Ini

Minggu, 19 Desember 2010

SELALU SAJA...TUGAS ILMU GIZI DASAR

Balance nutrition
1. Definisikan istilah faktor energi. Apa nilai bahan bakar untuk masing-masing dari 4 bidang nutirisi.
Jawab: tubuh kita memiliki empat bentuk energy yaitu energy kimia, energy listrik, energy mekanik dan energy panas (termal). Sumber utama energi dari matahari dengan reservois panas dan cahaya yang luas. Melalui proses fotosintesis, tumbuhan menggunakan air dan karbodioksida untuk mentransformasikan energy cahaya matahari ke dalam cadangan makanan dalam bentuk energy kimia. Dalam tubuh bahan bakar makanan dikonversi ke glukosa, unit energi yang bersama-sama dengan asam lemak bermetabolisme untuk menghasilkan energy untuk digunakan oleh sistem dalam tubuh. Air dan karbodioksida , material yang duigunakan tumbuhan, sebagai hasil akhir metabolism energy dalam tubuh dan tersedia untuk melaksanakan proses ini sekali lagi. Dan begitulah siklusnya. Ketika makanan dengan energi kimia yang tersimpan yang diambil ke dalam tubuh, itu akan mengalamibanyak perubahan metabolic yang mengkonversi energy tersebut menjadi energy kimia yang bisa digunakan tubuh. Selanjutnya energy kimia diubah menjadi energy yang dibutuhkan. Di otak, energy kimia diubah menjadi energy listrik sebagai transmiter impuls saraf dan melaksanakan kegiatan otak. energy kimia diubah menjadi energy mekanik ketika otot berkontraksi. Ini mengubah ke energy panas dalam perputaran suhu tubuh. Energy kimia digunakan untuk membentuk jaringan baru dan protein untuk pertumbuhan dan metabolisme.
2. Sebutkan 3 komponen yang berkontribusi pada kebutuhan energi total. Apa itu basal metabolisme rate (BMR) dan apa faktor yang mempengaruhinya? Jaringan tubuh mana yang berkontribusi banyak terhadap basal metabolic yang dibutuhkan? Yang mana komponen varibel yang paling penting dalam kebutuhan energy total dan mengapa?
Jawab: dalam total energy seseorang berasal dari 3 kebutuhan energy, yaitu (1) metabolisme basal, (2) asupan makanan, dan (3) aktivitas fisik.
Angka metabolisme Basal (AMB) adalah suatu nilai metabolisme yang digunakan tubuh pada saat beristirahat. Energy ini adalah kumpulan aktivitas kimia dalam tubuh yang mana didalamnya terdapat energy bahan bakar yang dibutuhkan untuk otak, hati, jantung, ginjal, dan bagian tubuh lainnya yang bekerja secara berkesinambungan walapun tubuh dalam keadaan istirahat. Atau AMB adalah kebutuhan energy minimal yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan fungsi tubuh yang vital.
Faktor-faktor yang mempengaruhi Angka Metabolisme Basal :
1. Ukuran tubuh
Tubuh yang besar memiliki AMB yang lebih tinggi dari pada tubuh yang kecil. Perbedaan berat sebanyak 10 kg pada orang dewasa laki-laki atau perempuan menyebabkan perbedaan AMB sebanyak kurang lebih 120 kkal sehari.
2. Komposisi Tubuh
Semua jaringan tubuh aktiv secara metabolic, ada jaringan yang pecah dan diganti serta melakukan fungsi-fungsi vital namun kecepatannya berbeda-beda. Otot, organ tubuh dan kelenjar secara metabolic lebih aktif dari pada lemak dan tulang. Kebutuhan energy secara relative lebih tinggi bila tubuh secara proporsional lebih banyak mengandung otot daripada lemak dan tulang.
3. Jenis Kelamin
Laki-laki dan perempuan dengan umur, tinggi badan, berat badan yang sama mempunyai komposisi tubuh yang beda. Perempuan memiliki lebih banyak jaringan lemak dan sedikit otot dari pada laki-laki. AMB perempuan lebih randah 5% dari pada laki-laki.
4. Umur
AMB lebih tinggi pada usia muda dari pada pada usia tua. Pada usia muda tubuh mengandung lebih banyak jaringan tanpa lemak atau otot. AMB tinggi waktu lahir dan meningkat hingga umur dua tahun, menurun secara berangsur untuk meningkat lagi pada usia remaja. Semakin tua tubuh mengandung lebih banyak jaringan lemak sehingga AMB menurun.
5. Tidur
Selama tisur otot-otot tubuh mengalami relaksasi. Ini akan menurunkan AMB sebanyak kurang lebih 10%.
6. Suhu Tubuh
Suhu bertindak sebagai katalisator terhadap reaksi kimia. Oleh karena itu, AMB meningkat dengan peningkatan suhu tubuh. Tiap kenaikan suhu tubuh sebesar 1 derajat celcius meningkatkan AMB sebesar 13%.
7. Suhu Lingkungan (Iklim)
Iklim berpengaruh terhadapa AMB karena kebutuhan tubuh akan energy untuk mempertahankan suhu tubuh. AMB terendah diperoleh pada suhu lingkungan 26 derajat celcius. Pada suhu lebih rendah atau lebih tinggi, AMB akan meningkat.
8. Sekresi Kelenjar Endokrin
Sekresi kelenjar-kelenjar tiroid dan adrenal meningkatkan AMB. Kekurangan sekresi kelenjar tiroid berupa hormone tiroksi menutrunkan AMB.
9. Kehamilan
Selama kehamilan terjadi kenaikan aktivitas metabolic pada jaringan ibu dan janin plasenta. Semakin lanjut kehamilan, semakin tinggi AMB. Selama tri semester terakhir, kehamilan kenaikan AMB adalah 20% diatas normal.
10. Status Gizi
Keadaan gizi kurang menurunkan keadaan AMB sampai 20%.
Jaringan tubuh yang paling berkonstribusi dalam AMB adalah jaringan otot dan organ-organ vital, seperti hati, jantung, paru-paru, ginjal dan kelenjar.
Yang paling berpengaruh pada total energy adalah Angka Metabolisme Basal (AMB) yaitu ketika tubuh dalam keadaan konstan 60% sampai 75% digunakan untuk aktivitas jaringan vital, 10% digunakan untuk energy panas makanan dan selebihnya untuk aktivitas tubuh.

3. Apa perbedaan antara angka metabolisme basal dan angka metabolisme istirahat ? yang mana yang paling sering digunakan dalam praktek klinik !
Jawab : Angka metabolisme basal adalah ukuran dari energi yang dibutuhkan untuk menjaga tubuh di istirahat. Jumlah energi yang dibutuhkan untuk mempertahankan kegiatan tubuh beristirahat internal setelah puasa semalam dengan subjek terjaga. Sedangkan, Tingkat metabolisme istirahat (RMR) adalah penting untuk mengenali, namun mungkin sebanyak 10% sampai 20% lebih tinggi dari BMR karena energy.
RMR yang paling sering digunakan dalam setting klinis karena tidak memerlukan individu berada dalam keadaan puasa. Adalah penting untuk menyadari, bagaimanapun bahwa RMR mungkin sebanyak 10% sampai 20% lebih tinggi dari BMR karena energi, yang dikeluarkan dalam pencernaan, penyerapan, atau metabolisme makanan atau efek tertunda atau kegiatan fisik terkini.

4. Nama empat kompartemen tubuh, dan menggambarkan jaringan yang ditemukan di masing-masing. Bagaimana mereka bisa diukur?
Jawab: Empat kompartemen tubuh untuk dievaluasi kemponen tubuhnya, adalah sebagai berikut;
a. Massa Tubuh tak berlemak; kompartemen ini terdiri dari aktif, sel-sel lemak bebas dari otot dan organ vital sangat menentukan BMR dan energi terkait dan kebutuhan gizi. Perubahan ini melalui siklus hidup dan di masa dewasa merupakan 30% menjadi 65% dari berat total tubuh.
b. Lemak tubuh; total lemak tubuh mencerminkan baik jumlah dan ukuran sel-sel lemak (yang adipocytes) yang dari jaringan adipose.
c. Cairan Tubuh; cairan tubuh bervariasi dengan relative tak berlemak atau kegemukan, usia status hidrasi, dan status kesehatan. Umumnya air membentuk sekitar 50% hingga 65% dari berat badan. Jaringan otot memiliki kandungan air yang tinggi, sedangkan jaringan adiposa berisi air yang relatif sedikit.
d. Massa mineral; massa mineral, ditemukan sebagian besar dalam skeleton, terhitung hanya 4% sampai 6% dari berat badan. Mineral utama kalsium dan fosfor, yang terletak di tulang serta sel-sel tubuh lainnya dan cairan.

5. Anda melakukan penilaian gizi untuk seorang pria yang 6 ft 2 pada tinggi dan berat 248 lb. Apa BMI-nya? Apakah dia lebih berat, overfat, atau keduanya?
Jawab: Berat =248 lb =112kg.
1 ft = 30 cm
1 in tall = 2,5 cm
Tinggi =6 ft 2 in tall= 185 cm
BMI = bb/(tb)2 = 112/(185)2 = 32,7
Menurut hasil BMI orang itu adalah obesitas karena berada pada kisaran angka 30-34,9, overweight hanya berkisar pada 25-29,9, dan obesitas hebat di atas angka 35.

6. Jelaskan berbagai gangguan makan berkaitan dengan obsesi untuk kekurusan atau dalam sikap yang tepat terhadap makanan? Apa faktor-faktor sosial yang berkontribusi pada gangguan makan?
Jawab: gangguan makan ada dua yaitu bulimia nervosa dan aneroxia nervosa. Bulimia berasal dari bahasa yunani yang berarti “lapar seperti sapi jantan”, gangguan ini mencakup episode konsumsi sejumlah besar makanan secara cepat, diikuti dengan perilaku kompensatori, seperti muntah, puasa, atau olahraga berlebihan, untuk mencegah terjadinya berat badan bertambah. Sedangkan, Istilah anoreksia berarti hilangnya selera makan, dan nervosa mengidentifikasikan bahwa hilangnya selera makan tersebut memiliki sebab emosional.
Faktor Sosial yang dapat mengakibatkan penyakit gangguan makanan:
1. Tekanan budaya yang membanggakan “kelangsingan” dan member nilai tinggi atas pencapaian tubuh yang sempurna
2. Definisi kecantikan yang sempit yang hanya mencantumkan wanita dan pria dengan ukuran dan bentuk tubuh tertentu
3. Kebiasaan budaya yang menghargai orang atas dasar penampilan fisik dan bukan bualitas dan kekuatan dalam

7. Anda bekerja dengan ibu tunggal dan kedua putrinya yang berumur tiga tahun dengan berat badan dibawah rata-rata. Mereka tinggal di sebuah apartemen kecil di sebuah gedung tidak layak huni di pusat kota. Listrik mereka terputus, sehingga mereka tidak memiliki peralatan kerja untuk memasak dan pendingin. Mereka menerima makan siang dan makan malam di sebuah program makanan terdekat untuk tunawisma. Rencanakan sarapan, serangkaian snack, dan makanan herbal suplemen yang dapat meningkatkan kalori dan asupan gizi. (Ingat, semua makanan yang Anda sarankan harus aman disimpan pada suhu kamar)
Jawab: sarapan biasa dengan susu UHT (ultra high temperature) bisa bertahan selama 7 hari bagi susu yang telah terbuka kemasannya dan untuk makanannya dapat dengan roti, ditambahkan dengan buah-buahan yang seperti apel dan pisang.

8. Anda bekerja dengan seorang gadis remaja yang ingin meningkatkan pengeluaran energinya dengan 250 kkal perhari. Kembangkan rencana kegiatan yang akan cocok dengan livestyle dan waktu sosial dengan teman-teman.
Jawab: menurut U.S Department of Health and Human Services, kalori per jam yang dikeluarkan pada kegiatan fisik yang umum, contohnya angkat besi setiap pagi menghabiskan 220 kalori, ditambah dengan jalan-jalan (4,5 mph) menuju tempat kerja menghabiskan 460 kalori, aerobic 480 kalori, peregangan pada saat bekerja 180 kalori, dan dancing 330kalori, renang 510 kalori, bersepeda (kecepatan di atas 10 mph) menghabiskan 590 kalori.

9. Kunjungi perpustakaan setempat Anda, dan meninjau majalah yang diarahkan pada remaja. Carilah tiga artikel yang menyarankan untuk manajemen berat badan. Mengevaluasi setiap artikel dalam hal (a) rekomendasi gizi, (b) implikasi untuk kesehatan, (c) ketergantungan pada produk penurunan berat badan komersial, dan (d) keamanan untuk penggunaan jangka panjang.
jawab: (jawab sendiri nak!!!!)

2 komentar: